Rabu, 18 Juli 2012

SISTEM PEMBELAJARAN DIGITAL PADA AMIK WAHANA MANDIRI BERBASIS WEB


BAB I

PENDAHULUAN


1.1              Latar Belakang

Pendidikan dalam arti luas mencakup seluruh proses hidup dan segenap bentuk interaksi individu dan lingkungannya, baik secara formal, non formal maupun informal, sampai dengan suatu taraf kedewasaan tertentu. Sedangkan secara terbatas, pendidikan diartikan sebagai proses interaksi belajar mengajar dalam bentuk formal yang di kenal sebagai pengajaran. Pendidikan salah satu komponen penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa, pendidikan juga merupakan faktor utama dalam pembentukan kepribadian. 
Perkembangan teknologi yang semakin canggih di dalam penggunaan komputer dalam pengolahan data pada suatu perusahaan besar maupun kecil merupakan suatu kebutuhan dimana bila kita perhatikan saat ini hampir semua bidang yang awalnya menggunakan tenaga manusia yang secara manual maka sekarang dipermudah dengan adanya komputerisasi dalam pengolahan data yang serba otomatis. Teknologi informasi (TI) telah membuka sistem jaringan sosial tanpa batas dalam berbagai kepentingan, melewati batas budaya, agama, dan idiologi. Apresiasi masyarakat saat ini terhadap komputer semakin baik khususnya dalam dunia pendidikan, dan tidak dapat dipungkiri bahwa komputer memang alat yang sangat berpengaruh dalam usaha mengoptimalkan kinerja di suatu perusahan maupun di bidang akademik. Komputer di jadikan sebagai sarana pendidikan, maka dengan sendirinya diperlukan berbagai jenis program perangkat lunak (software)  karena media pendidikan dalam perspektif yang lebih luas adalah alat atau bahan yang dapat digunakan dalam komunikasi pembelajaran.
Kemajuan teknologi dalam menyajikan sistem informasi telah berkembang luar biasa, yang menunjukan orang dapat mengakses informasi secara instan dalam berbagai bentuk, bahkan merambah ke berbagai bidang antara lain pendidikan, bisnis, prosedur kerja, manajemen, sampai pada kehidupan rumah tangga. Kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme pembelajaran (pendidikan) berbasis tekhnologi informasi  menjadi tak terelakan lagi. Keterbatasan dana dan fasilitas pendidikan dapat diatasi oleh sistem pembelajaran digital ini. Sistem pembelajaran digital merupakan bentuk implementasi pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Sistem pembelajaran digital ini membawa pengaruh terhadap terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional kedalam bentuk digital, baik secara isi dan sistemnya.
AMIK Wahana Mandiri (AWM) adalah sebuah lembaga pendidikaan yang bergerak dibidang komputer. Prodi (Program Studi) adalah suatu unit yang berada dalam salah satu divisi yaitu divisi akademik yang ada dalam lingkungan kerja pada AMIK Wahan Mandiri yang menangani masalah perkuliahan dan proses pembelajaran. Pada saat ini sistem pembelajaran di AMIK Wahana Mandiri kurang efisien. Karena AMIK Wahana Mandiri adalah kampus yang berbasis Ilmu Tekhnologi maka alangkah baiknya jika sistem yang ada di dalamnya menggunakan komputer. Penulis melihat terdapat beberapa kendala yaitu, jika dosen tidak masuk maka sistem perkuliahan akan terputus sehingga dalam masalah ini dapat merugikan mahasiswa dalam sisi waktu dan finansial, dan juga menurunkan citra lembaga di dunia pendidikan.
Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk mengangkat menjadi bahan untuk penulisan Tugas Akhir. Penulis mengangkatnya di dalam Tugas Akhir ini dengan judul “Sistem Pembelajaran Digital pada AMIK Wahana Mandiri pondok cabe Berbasis Web”.

1.2       Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang yang telah dijelaskan di atas, maka penulis merumuskan beberapa masalah sebagai berikut:
1.   Bagaimana cara pembelajaran yang ada menjadi lebih maksimal
2.   Bagaiamana caranya agar pembelajaran tidak terputus saat dosen tersebut berhalangan hadir ?
3.   Bagaimana caranya agar materi yang diberikan sesuai dengan SAP dan tepat pada waktunya ?

1.3       Batasan Masalah

Dalam pokok bahasan model pembelajaran digital pada AMIK Wahana Mandiri berbasis web dan hanya bersifat lokalhost yang hanya berlaku di AMIK Wahana Mandiri saja dengan fasilitas intranet, dan penulis  hanya membatasi pembuat portalnya saja dan ada bahan ajar untuk beberapa pertemuan sebagai simulasi. Maka penulis membuat batasan masalah antara lain :
1.        Membuat  model pembelajaran digital
2.        Aplikasi di rancang dengan berbasis web
3.        database di bentuk dengan menggunakan Mysql
4.        Materi berupa bahan ajar dan tugas
5.        Aplikasi pendukung seperti Macromedia Dreamweaver 8, Adobe Photoshop cs 3.

0 komentar:

Posting Komentar

Template by:

Free Blog Templates