3.1.3 Struktur Organisasi

3.2 Analisa Sistem
Analisa sistem bertujuan untuk memahami
masalah yang sedang dihadapi dengan sistem yang ada saaat ini, sehingga diharapkan dengan mengetahui
masalah-masalah tersebut, kita bisa merancang suatu sistem baru yang akan menyelesaikan atau
paling tidak mengurangi masalah-masalah yang ada. Analisa
sistem ini nantinya akan memeriksa requirements apa yang harus dipenuhi oleh sistem baru yang akan dibangun tersebut.
sistem ini nantinya akan memeriksa requirements apa yang harus dipenuhi oleh sistem baru yang akan dibangun tersebut.
3.2.1 Analisa Permasalahan
Masalah
didefinisikan sebagai suatu pertanyaan yang akan dipecahkan agar tujuan sistem
dapat tercapai secara maksimal. Munculnya permasalahan menunjukkan bahwa proses
pembeclajaran saat ini tidak berjalan dengan efektif dan efisien.
3.2.2 Analisa Kebutuhan Sistem
Analisa
kebutuhan sistem dilakukan untuk menspesifikasikan keluaran yang akan
dihasilkan oleh sistem yang akan dirancang. Berdasarkan analisis permasalahan
yang telah dilakukan di atas, maka akan dirancang sebuah sistem yang diharapkan
mampu menyelesaikan atau mengurangi berbagai permasalahan pada analisis
permasalahan.
Sistem
yang akan dibuat ini bersifat intern, yang
berarti penggunaan program ini hanya kalangan tertentu yang memiliki akses
terhadap sistem. Untuk sementara ini, pengguna yang akan ditargetkan untuk
menggunakan sistem ini adalah para dosen yang terdaftar sebagai dosen di AMIK
Wahana Mandiri yang bertugas pada semester tersebut. Sedangkan pihak lain yang
bertugas sebagai administratornya adalah laboratorium komputer dan prodi di
AMIK Wahana Mandiri .
Sistem
bekerja pada web server yang dapat
diakses melalui jaringan intranet. Sistem ini dapat diakses oleh banyak
pengguna secara bersamaan dari client
yang berbeda-beda. Untuk menjaga keamanan
data, sistem memberikan identifikasi
untuk tiap user dengan user id dan password. Selain itu juga sistem dirancang multi hak ases untuk
membedakan kewenangan terhadap data sistem.
Berikut ini
adalah spesifikasi dari pengguna perangkat lunak :
1.
Administrator
Administrator
adalah orang yang mengerti cara pengoperasian, perbaikan sistem dan bertanggung
jawab untuk memelihara sistem informasi yang telah dibuat agar berjalan dengan
baik.
Administrator
disini adalah seorang labolatorium komputer dan prodi AMIK Wahana Mandiri.
Seorang Administrator dapat mengakses sistem secara keseluruhan. Seperti
menambah, meng-update, dan menghapus data-data sistem, Fitur-fitur yang dapat
digunakan oleh Administrator adalah sebagai berikut:
·
Memiliki halaman utama sendiri, biasa
disebut sebagai home.
·
Dapat meng-update, manambah dan menghapus data dosen, mata kuliah, SAP dan
data lainnya.
2. User
User
adalah dosen yang mengajar di AMIK Wahana Mandiri yang diberi hak untuk
mengakses sistem. Setiap dosen yang terdaftar diberi sebuah user id dan password.
Fitur-fitur
yang dapat digunakan oleh Administrator adalah sebagai berikut:
·
Memiliki halaman utama sendiri, biasa
disebut dengan home.
·
Memiliki table yang berisi modul mata
kuliahnya,Satuan Acara Perkuliahan dan yang lain-lain yang dapat diakses oleh
yang bersangkutan


0 komentar:
Posting Komentar